September 29, 2022
Spread the love

Presiden Jokowi berulang kali mengingatkan instansi pemerintah untuk terus mendorong alokasi belanja produk dalam negeri, khususnya produk UKM.

Menteri Koperasi Taten Masdoki setuju. Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi regional di tengah kondisi ekonomi global yang tidak menentu, pedoman yang mengutamakan produk lokal menjadi penting. slot dana

Merujuk pada perhitungan Badan Pusat Statistik (BPS), Teten Masduki mengatakan jika pemerintah hanya mengalokasikan 40% dari APBN/APBD untuk membeli produk UMKM/sekitar Rp 500 triliun, bisa menciptakan 2 juta lapangan kerja baru.

Menko Koperasi Teten mengatakan pada sesi online Karya Kreatif Indonesia 2022 pada Sabtu (28 Mei 2022) bahwa “kita dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi 1,8% tanpa investasi baru.”

Dia juga menambahkan bahwa pemerintah dapat memobilisasi lebih banyak pengeluaran publik untuk membeli produk UMKM. Tetin yakin perekonomian Indonesia akan terus menguat.

Tetin Masduki mengatakan, “Saya kira kita perlu kampanye agar ekonomi tetap tumbuh. Jadi kita perlu strategi yang menjadikan produk lokal dan usaha kecil sebagai pilihan utama.”

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) Berry Warjiu Karya Kreatif Indonesia atau Gubernur KKI 2022 dibuka pada Jumat 27 Mei 2022. Pada kesempatan ini, bank sentral mengundang UKM yang disponsori oleh Bank Indonesia untuk menjelaskan proses digitalisasi dan globalisasi.

Perry mengatakan dalam sambutannya pada upacara pembukaan KKI 2022 yang diadakan di JCC Senayan, Jakarta pada Jumat (27 Mei 2022):

Tahun ini, KKI menjadikan kebangkitan UKM Indonesia sebagai topik hangat melalui digitalisasi dan globalisasi untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Berry mengatakan ada tiga kata kunci untuk topik ini: sinergi, digitalisasi dan globalisasi.

Untuk sinergi, BI telah bergabung dengan 13 kementerian/lembaga untuk memperkenalkan UKM Indonesia, 5 asosiasi, 26 industri, serta departemen perbankan, sistem pembayaran, pasar, agregator ekspor dan desainer.

Untuk itu, Bank Indonesia terus melakukan digitalisasi sistem pembayaran sehingga dapat mempercepat proses transaksi ekonomi bagi UKM, kata Berry.

Di sisi lain, proses digitalisasi berlangsung dengan berbagai cara. BI berniat menyediakan produk UKM unggulan dengan kualitas ekspor melalui KKI pada 2022.

Termasuk apa yang kami lakukan di sini, kami memiliki 20 acara, pencocokan bisnis, operasi penggalangan dana, dan jaringan dengan pembeli di tingkat global,” kata Berry.

I

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.