Januari 28, 2023
Spread the love

Setiap tanggal 1 Juni, masyarakat Indonesia merayakan hari lahir Pancasila. Peringatan hari lahir Pancasila dinyatakan sebagai hari libur umum oleh Presiden Joko Widodo.

Keputusan ini juga tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang menyatakan bahwa 1 Juni 1945 adalah hari lahir Pancasila. slot game

Tahun ini, Badan Pembina Ideologi Panchasila (BPIP) merilis Buletin No. 4 Tahun 2022 tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Panchasila 2022. Peringatan Hari Pancasila tahun ini mengusung tema besar: “Bangkit Bersama dan Membangun Peradaban Dunia”.

Dikutip dari laman bpip.go.id, logo perayaan HUT Panchasila tahun 2022 menggambarkan dua telapak tangan merah putih memegang Bumi (Bumi) di tengah peta Indonesia. Lambang Pancasila dilengkapi dengan lambang-lambang seperti lambang masing-masing sila: banteng, beringin, bintang, rantai, cedar, dan kapas.

Slogan tersebut jelas menandakan persatuan Indonesia untuk membangun peradaban dunia dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, yang menjadikan fungsi utama negara sebagai visi hidupnya.

Bendera merah putih berkibar ke kiri dan kanan. Dua telapak tangan logo peringatan hari lahir Pancasila tahun 2022 berwarna merah putih. Hal ini sejalan dengan gagasan utama ‘membangun bersama dan membangun peradaban bangsa’.

Sedangkan peringatan Hari Pancasila tahun ini akan berkisar di Kabupaten Indy NTT. Wisnu Bawa Tenaya, Kepala Staf Badan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), mengatakan Kabupaten Indy memiliki sejarah panjang dalam membentuk negara berideologi Pancasila.

Ia mengatakan, Ende memiliki sejarah panjang dalam membuat Panjasilla, sehingga dipilih sebagai tempat pertama untuk merayakan ulang tahun Panjasilla di luar ibukota Jakarta.

Wisnu mengatakan di Kabupaten Indy bahwa Bong Karno menggagas dan menggali ide-ide yang dia perjuangkan untuk menghasilkan rumusan-rumusan ajaran Pancasila dan intinya.

Rangkaian Peringatan Hari Lahir Pancasila di Indy menampilkan tanggal resmi acara yang dipimpin oleh Presiden Indonesia Joko Widodo sebagai auditor acara. Penghormatan kepada Harlah Pancasila akan terdiri dari berbagai kegiatan, antara lain parade sulap nasional, pameran ekonomi kreatif, pameran UMKM, dan pertunjukan seni dan budaya.

Termasuk juga pengembangan ideologi Pancasila, seminar dan simposium patriotik tentang tanah dan penanaman Pancasila, jejak penggalian dan kerajinan Pancasila, kunjungan ke rumah pengungsi dan taman meditasi, pemberian gelar adat, dan proklamasi ajaran Pancasila dalam kurikulum. promosi.

Untuk menghormati Harlah Pancasila di Kota Ende, BPIP berharap dapat membangun semangat baru yang akan merangkul nilai-nilai Pancasila di pelosok tanah air.

Sehingga, menurutnya, semangat ini dapat menginspirasi masyarakat dan pemuda untuk bekerja sama dan memajukan persatuan dalam landasan Pancasila untuk berkontribusi bagi peradaban dunia.

Wisnu mengatakan, “Mari kita bekerja kompak, termasuk kerjasama dengan pentahelix (multi-stakeholder).”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *