Oktober 5, 2022
Spread the love

Laporan oleh Michael Davitt Adi Prasetyo

Texas – Tesla telah sepakat untuk membangun pabrik baterai dan kendaraan listrik di Indonesia.

Penandatanganan kontrak dilakukan setelah CEO Tesla Elon Musk bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo akhir pekan lalu di lokasi peluncuran SpaceX di Texas pada Minggu (22/5/2022), dikutip dari Insideevs.com. agen judi online

Bahleel Lahdalia, Menteri Penanaman Modal/Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal, mengatakan kesepakatan dicapai tanpa mengungkapkan banyak detail. Dia mengisyaratkan bahwa proyek itu bisa dimulai tahun ini.

Pahlil mengatakan Tesla telah sepakat untuk membangun pabrik baterai dan kendaraan listrik di kawasan industri di provinsi Jawa Tengah.

Menteri Penanaman Modal mengatakan, “Tesla diharapkan masuk ke Indonesia tahun ini. Tapi bulannya belum bisa kita umumkan. Kita tunggu saja. Besaran investasinya masih dirahasiakan, kita masih menunggu. Tapi bagus. Ini adalah sesuatu”. dan Komite Koordinasi Penanaman Modal Bahleel Lahdaliyah. Besar”.

Indonesia telah mencoba menarik investasi dari Tesla selama beberapa tahun sekarang dan ingin memanfaatkan posisinya sebagai produsen nikel terbesar di dunia. Logam merupakan komponen penting dari katoda baterai kendaraan listrik.

Indonesia telah mematok target 20% untuk produksi kendaraan listrik buatan sendiri, mengingat mayoritas mobil yang diproduksi di Indonesia saat ini (sekitar 1 juta mobil per tahun) ditenagai oleh mesin pembakaran dalam.

Selain Tesla, Hyundai juga baru-baru ini memulai produksi Ioniq 5 di Indonesia, dan Woolling Motors China berencana untuk memproduksi mobil listrik kecil di pabriknya di Indonesia pada akhir tahun ini.

Sementara itu, Hyundai dan LG Energy Solutions telah memulai pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik senilai $1,1 miliar di dekat ibu kota Jakarta.

Ketika selesai, pabrik tersebut diharapkan dapat memproduksi sel baterai yang cukup untuk memberi daya pada 150.000 kendaraan listrik per tahun. Produksi diharapkan akan dimulai pada 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.