Februari 3, 2023
Spread the love

Bodiganto Ardiansyah, Wakil Presiden Asosiasi Agen Perjalanan dan Perjalanan Indonesia (ASITA), mengkritik rencana Menteri Koordinator Penanaman Modal Maritim Luhut Bensar Bangaitan dan mengatakan akan menaikkan tarif masuk ke Candi Borobudur. Wisatawan lokal adalah 750.000 rupee per orang.

Harga tiket naik signifikan dari Rp25.000 per anak usia 3-10 tahun dan Rp50.000 per orang dewasa.

Sementara itu, tiket masuk turis asing ke Borobudur akan dinaikkan dari $12 untuk anak-anak dan $25 untuk dewasa menjadi $100 per turis asing.

Bodejanto juga dihukum, dan turis lokal mampu membayar kenaikan biaya masuk ke Candi Borobudur, yang mereka sebut sangat gila. Karena kunjungannya lebih sedikit.

Akibatnya minat pembukaan jasa perjalanan wisata oleh pelaku komersial di industri pariwisata semakin menurun. Bukan tidak mungkin Candi Borobudur hilang dari daftar destinasi wisata, kata Bodejanto.

Bukan tidak mungkin operator membatalkan kunjungan ke Borobudur karena membuat harga paket menjadi sangat mahal,” ujarnya.

Pemerintah akan menaikkan harga tiket untuk Borobudur, Magelang, dan Jawa Tengah. Menteri Koordinator Bidang Penanaman Modal Maritim mengumumkan rencana kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur.

Menteri Koordinator Luhut Binsar Pandjaitan menulis di akun Instagramnya @luhut.pandjaitan: “Wisatawan asing dan lokal hanya menerima $100, lokal 750.000 rupee, terutama pelajar 5.000 rupee.” (2022-05-06).

Luhut menjelaskan langkah pemerintah menaikkan tarif masuk Candi Borobudur dilakukan untuk melestarikan kekayaan sejarah dan budaya nusantara.

Selain menaikkan biaya tiket masuk, semua wisatawan sebaiknya menggunakan pemandu wisata lokal di seluruh kawasan Borobudur.

Tiket ke Borobudur adalah Rp 750.000 untuk penduduk lokal dan $100 untuk orang asing, yang jauh lebih mahal daripada yang sekarang.

Mengutip laman borobudurpark yang dikelola oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero), tiket masuk ke Candi Borobudur untuk wisatawan lokal adalah Rp 50.000 untuk dewasa. Anak-anak adalah 25.000 rupee.

Sedangkan harga untuk turis asing yang berencana menaikkan harga menjadi 100 dollar (sekitar 1,4 juta rupiah) saat ini menjadi 25 dollar (sekitar 350.000 rupiah untuk orang dewasa). Harga tiket untuk turis asing yang anak-anak adalah 15 USD atau sekitar Rp 210.000.

Komentar soal kenaikan tarif masuk Candi Borobudur pun langsung menuai kecaman dari warganet. Saat saya mengamati di Twitter, banyak netizen yang tidak setuju dengan rencana tersebut, namun ada juga yang berbeda pendapat.  slot online terpercaya

Bagaimana kalau naik harga menjadi 750.000 won? Jangan dibuat kalau mau. untuk menaikkan harga. Itu kaya,” tulis pengguna internet.

Pada saat yang sama, BCO juga harus menghitung jumlah kapasitas aman di Borobudur. Saya tidak tahu apakah itu sudah ada. Itu strategi, tapi malah komentar netizen lain “lebih banyak.

Saya mau ke Candi Borobudur, dan itu 750.000, berapa luas totalnya? Borobudur besar dan memiliki halaman. Anda hanya perlu naik tangga. Sekarang biayanya 50.000, tapi pengunjung tidak diizinkan. Tidak ada lagi yang pergi ke kuil. 

Sebelumnya, Luhut menjelaskan, pemerintah menaikkan tarif masuk ke Candi Borobudur hanya untuk melestarikan kekayaan sejarah dan budaya nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *