Desember 4, 2022
Spread the love

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono, bertemu dengan mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair di Jakarta pada Rabu (1/06/22)

Dalam pertemuan selama sekitar satu jam tersebut, Tony Blair menegaskan komitmen dan kesediaannya untuk terus OIKN dalam proses pembangunan Ibu Kota Nusantara, termasuk dengan mewartakan potensi IKN Nusantaudiara

Kepala OIKN Bambang menjelaskan mengenai One Map, One Plan, One Policy (1MPP) sebagai bentuk perencanaan IKN terintegrasi yang merupakan konsolidasian smua perencanaan kegiatan kementerian/lembaga terkait dengan IKN.

Selain itu, OIKN secara intensif terus menjalankan kegiatan 4K (Komunikasi, Kordinasi, Konsolidasi dan Kolaborasi) dalam pelaksanaan yang berwenang untuk persiapan dan pelaksanaan pembangunan ibukota negara bar. slot hoki

“Perencanaan dan pelaksanaan pembangunan IKN tetap prinsip ESG (environment, social and governance) sebagai kota global yang smart, sustainable, inklusif, dan tangguh”, kata Bambang, Kamis (2/6/2022).

Tony Blair juga mengapresiasi pemerintahan Joko Widodo yang memiliki reputasi baik di dunia internasional presiden. 

Kalangan International Ingin berpartisipasi dalam sektor pendidikan, kesehatan, dan industri di IKN nanti.

Diskusi kedua pihak antara lain membahas langkah-langkah strategi dan taktis untuk persiapan dan pelaksanaan pembangunan IKN, terutama terkait dengan investasi asing langsung ke IKN. Dalam pertemuan tersebut, Kepala OIKN juga mengundang Tony Blairuntuk berkunjung ke lokasi IKN.

Saat ini Otorita Ibu Kota Nusantara sedang mengembangkan masterplan Nusantara yang mencerminkan teknologi terkini, dengan fokus pada inovasi dan menciptakan ekosistem yang akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekaligus menciptakan model baru pengelolaan kota masa depan yang terhubung secara digital yang layak secara ekonomi, yang diinginkan secara sosial, dan berkelanjutan Sekara Lingkungan.

Tony Blair Dengan Lembaga Tony Blair Institute for Global Change (TBI) aktif melaksanakan kajian serta Memberikan Perhatian khusus tentang Indonesia. Blair juga merupakan pihak yang dipercaya dan memiliki hubungan baik dengan para investor. Selama kunjungannya ke Indonesia, Blair didampingi Managing Director TBI Husain Abdullah dan Anand Pillai.

Sebelumnya, Ibu Kota Nusantara(IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan mulaidibangun pada Semester kedua 2022.

“Insya Allah mulai paruh kedua tahun ini kita akan mulai membangun,” ujar Kepala Badan Otorita IKNBambang Susantono, Jakarta, Senin 30 Mei 2022.

Sebelumnya,Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR berencana menerapkan konsep infrastruktur hijau atau hijau Infradalam pembangunanIbu Kota Negara(IKN) Nusantara.

“PembangunanIKNkami juga merencanakan penerapan dengan konsep infrastruktur hijau (ramah lingkungan) atau green infrastructure,” ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR/222).5

Menurut Diana, hal ini dilakukan di IKN dengan desain untuk mengangkat konsep pengembangan kota cerdas, inovatif, dan Inklucif dengan prinsip global dengan kearifan lokal.

IKN Nusantara tidak hanya berfungsi sebagai kota pintar tetapi juga sebagai tempat modern yang menerapkan teknologi pintar untuk menciptakan kota yang Rayak Huni, Berketahanandan Berkelanjutan.

Kementerian PUPR terus berkomitmen untuk melakukan infrastruktur yang berbasis lingkungan dengan pengembangannya.

Menurutnya, terdapat beberapa aspek yang mendorong pengambilan keputusan tersebut, di antaranya adalah pemerataan populasi, peningkatan pertumbuhan ekonomi di luar Pulau Jawa, serta terjadinya krisis sumber air.bersih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *