Oktober 5, 2022
Spread the love

Senin (13/6/2022) menandai hari ke-110 invasi Rusia ke Ukraina.

Berikut rangkuman beberapa insiden yang terjadi pada hari ke-110 setelah Rusia menginvasi Ukraina, mengutip Guardian.

Partisipasi militer Rusia di Sebedonetsk judi poker

Pasukan Rusia telah menguasai sebagian besar wilayah Sevedonetsk, yang telah bertempur di jalanan setelah kebakaran terjadi di pabrik kimia Azot, tempat ratusan warga sipil dievakuasi.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan dalam pidato video malam:

Zelensky menambahkan bahwa tentara Rusia sedang berusaha untuk mengerahkan cadangan Kin di daerah Donbass.

Pasukan Ukraina dikatakan masih menguasai zona industri.

Rudal jelajah Rusia hancurkan gudang senjata Ternopil

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa rudal jelajah menghancurkan persenjataan AS dan Eropa di Ternopil, Ukraina barat.

Kementerian Pertahanan mengatakan serangan itu “menghancurkan sistem rudal anti-tank skala besar, sistem pertahanan udara portabel dan rudal yang disediakan untuk sistem Kyiv oleh Amerika Serikat dan negara-negara Eropa”.

Pejabat Ukraina telah membantah tuduhan itu dan mengatakan tidak ada senjata yang disimpan di sana.

Gubernur Ternopil mengatakan serangan itu menghancurkan beberapa bangunan tempat tinggal dan melukai 22 orang, termasuk tujuh wanita dan seorang anak berusia 12 tahun.

Pasukan Rusia menghancurkan jembatan

Pejabat setempat mengatakan pasukan Rusia telah menghancurkan sebuah jembatan yang menghubungkan kota timur Sevedonetsk dengan kota kembar Lysekansk, menghalangi jalur evakuasi bagi warga sipil.

Gubernur Luhansk Serhi Haidai mengatakan pada Minggu (12/6/2022) bahwa pasukan Rusia menghancurkan jembatan di atas Sungai Seversky yang menghubungkan kedua kota tersebut.

Amnesty International menuduh Rusia melakukan kejahatan perang

Amnesty International menuduh Rusia melakukan kejahatan perang di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina.

Dalam sebuah laporan baru yang dirilis pada hari Senin, badan tersebut mengatakan ratusan warga sipil tewas dalam pemboman sembarangan di Rusia menggunakan munisi tandan yang dilarang secara luas dan rudal yang tidak akurat.

Turki, NATO, Finlandia, Swedia menyiratkan keamanan saat melamar keanggotaan

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan kekhawatiran keamanan yang diajukan oleh Turki terhadap Finlandia dan aplikasi Swedia untuk bergabung dengan NATO dibenarkan.

“Ini adalah kekhawatiran yang sah, tentang terorisme dan ekspor senjata,” kata Stoltenberg pada konferensi pers di Finlandia, Minggu.

Jenazah seorang tentara Ukraina di Mariupol masih menunggu untuk diambil.

Mantan komandan Resimen Azov Garda Nasional Ukraina mengatakan pada hari Minggu bahwa mayat beberapa pejuang Ukraina yang tewas dalam pengepungan pabrik baja Azovstall di kota selatan Mariupol masih menunggu pemulihan.

Erdogan akan mengadakan pembicaraan dengan Putin dan Zelensky

Pada hari Minggu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan kemungkinan pembicaraan baru dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

“Mungkin minggu depan kami akan membicarakan langkah-langkah yang akan kami ambil dan melakukan pertemuan dengan Putin dan Zelensky,” katanya.

Pertumbuhan senjata nuklir global diharapkan.

Senjata nuklir dunia diproyeksikan akan tumbuh selama beberapa tahun ke depan, untuk pertama kalinya sejak Perang Dingin, dan risiko penggunaan senjata semacam itu adalah yang terbesar dalam beberapa dekade, dan menjadi pusat penelitian terkemuka dalam laporan Senjata dan Konflik.

Invasi Rusia ke Ukraina dan dukungan Barat untuk Kev telah meningkatkan ketegangan antara sembilan kekuatan nuklir, menurut Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm.

Dua cara untuk mengirimkan biji-bijian

Ukraina mengekspor biji-bijian melalui Polandia dan Rumania dan membangun dua rute untuk menghindari krisis pangan global, tetapi kemacetan telah memperlambat rantai pasokannya, kata wakil menteri luar negeri di Kyiv, Minggu.

Para menteri perdagangan dunia bertemu untuk membahas keamanan pangan

Para menteri perdagangan dunia berkumpul pada pertemuan Organisasi Perdagangan Dunia pada hari Minggu untuk membahas keamanan pangan yang terancam oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Para menteri diharapkan untuk menyetujui deklarasi bersama tentang penguatan ketahanan pangan yang “berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah konkret untuk mempromosikan perdagangan dan memperkuat kinerja jangka panjang dan ketahanan pasar pangan dan pertanian global.”

Ursula von der Leyen menyerukan undang-undang anti korupsi yang lebih kuat

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen telah menyerukan untuk memperkuat undang-undang anti-korupsi Ukraina.

Setelah bertemu dengan Zelensky, von der Leyen mengatakan “ada kebutuhan untuk menerapkan reformasi untuk memerangi korupsi atau untuk memodernisasi pemerintah.” “Ini juga akan membantu menarik investor.”

Inggris memasok 10 robot berkualitas tinggi ke Ukraina

Pihak berwenang Ukraina mengumumkan pada hari Minggu bahwa kontraktor pertahanan Inggris QinetQ akan memasok Ukraina dengan 10 robot Talon Sapper untuk pertambangan.

Oleksiy Beluchitsky, wakil komandan pertama polisi patroli Ukraina, mengatakan “Talon akan dikerahkan untuk membongkar ranjau Ukraina. Ini adalah robot super yang tidak hanya mencari “hadiah” tetapi juga menetralisirnya. Sebelum perang, kami memiliki lebih banyak dari 10 , sekarang QinetQ akan mengirim 10 lagi.

Ubah nama Rusia McDoland

Sebuah restoran McDonald dibuka di Moskow dengan kepemilikan Rusia baru dan nama baru Vkusno & Tochka, yang diterjemahkan menjadi “Lezat dan hanya itu”. Pembukaan kembali berlangsung pada Hari Rusia, hari libur yang merayakan kebanggaan nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.