Desember 4, 2022
Spread the love

Vietnam punya atraksi baru yang memacu adrenalin: Jembatan Kaca. Jembatan kaca, yang disebut Bach Long, terletak di Provinsi Son La, Vietnam, di perbatasan dengan Laos. Dengan ketinggian 2.073 kaki atau sekitar 632 meter, jembatan kaca ini dikatakan sebagai yang terpanjang di dunia.

Bach Long mengalahkan jembatan kaca setinggi 526 meter di Provinsi Guangdong, China untuk menjadi juara. Laman CNN diluncurkan, Senin 30 Mei 2022 Jembatan ini resmi tercatat dalam Guinness Book of World Records sebagai jembatan kaca terpanjang di dunia.  slot live

Baca juga

Seorang pengunjung berkata, “Saya tidak berani melihat ke bawah karena saya takut tempat tinggi.”

Ia memberanikan diri menyeberangi jembatan usai menghadiri upacara pembukaan pada Sabtu, 28 Mei 2022 yang dimeriahkan kembali dengan pertunjukan barongsai. Meski sudah dibuka cukup lama, namun sudah dibuka untuk umum sejak April 2022.

Kaca yang digunakan untuk jembatan terdiri dari tiga lapisan dan tebal masing-masing 40 mm, dibuat di Prancis. Sebuah pernyataan dari direktur mengklaim bahwa jembatan kaca dapat menampung hingga 450 orang sekaligus.

Pengunjung lain pada upacara pembukaan mengakui bahwa menyeberangi jembatan itu menakutkan pada awalnya. Setelah melewati sepuluh jendela, rasa takut itu hilang.

Jembatan gantung ini sengaja dibangun untuk menarik wisatawan, terutama para pencari sensasi atau mereka yang ingin menguji keberanian. Pemerintah menamai jembatan kaca itu Bach Long, yang berarti naga putih dalam bahasa Vietnam.

Jembatan itu terletak tepat di atas lembah hijau yang subur dan tenang. Provinsi Son La adalah provinsi terbesar ketiga di Vietnam. Kabupaten ini terkenal dengan perbukitan bunga yang indah yang dikelilingi oleh kabut.

Juga Son La dikenal sebagai salah satu tujuan wisata populer di Vietnam. Selain bukit-bukit indah yang dipenuhi bunga, daerah ini juga dikenal dengan gua kelelawar, air terjun, danau, dan perkebunan tehnya.

Jembatan Kaca adalah salah satu tempat wisata terpenting di Cina dan juga Vietnam. Sebelumnya, itu adalah jembatan kaca terpanjang di Cina. Jembatan ini membentang di Sungai Lianjiang di Kota Qingyuan, Provinsi Guangdong.

Menurut laporan Travel and Leisure Page, jembatan kaca itu memecahkan rekor dunia dengan panjang 526 m, menggantung sekitar 201 m di atas Sungai Lianjiang pada September 2020.

Jembatan ini menawarkan pemandangan yang indah dari Tiga Ngarai Huangquan di Cina selatan. Jembatan kaca ini mampu menampung 500 orang sekaligus. Wisatawan dapat berlatih bungee jumping, zipline atau bahkan menggunakan jembatan sebagai landasan untuk catwalk.

Institut Desain dan Penelitian Arsitektur Universitas Zhejiang telah merancang jembatan tersebut sebagai objek wisata di daerah tersebut. Jembatan ikonik ini dibangun dengan beberapa bentang platform dengan lebar sekitar 28 kaki.

Orang yang lewat bisa berhenti untuk foto sambil melewati jalan kaca yang sangat menarik dan menakjubkan. Banyak video menunjukkan bahwa mobil dapat melintasi jembatan kaca.

Kaca yang digunakan untuk pondasi jembatan ini transparan 99,15% dan terdiri dari tiga lapis setebal 4,5 cm. Pegangan juga terbuat dari stainless steel.

Jembatan kaca sengaja dibuat transparan untuk memberikan perasaan berjalan ratusan kaki melalui sungai dan kapal yang mengalir.

Namun, belum lama ini, seorang turis mengalami pengalaman tidak menyenangkan ketika terjebak di jembatan gantung berlantai kaca setinggi 260 meter, dan pada 7 Mei 2021, terjadi kecelakaan di jembatan kaca ini di Provinsi Jilin, timur laut China.

Dalam sebuah foto yang dirilis oleh Xinhua News Agency di Weibo, layanan jejaring sosial China (SNS), seseorang terlihat memegang pagar jembatan kaca.

Jembatan kaca ini terletak di kawasan wisata budaya Gunung Piyan di luar Kota Longjing. Para pejabat mengatakan tim penyelamat telah tiba untuk membantu turis yang terjebak. Terakhir, wisatawan bisa mengungsi dari jembatan pada pukul 13:20.

“Pekerja di daerah yang indah dapat bergegas ke lokasi kecelakaan secepat mungkin, membawa peralatan darurat, dan memindahkan orang yang terperangkap ke tempat yang aman,” kata pernyataan itu.

Tidak ada korban luka dalam kecelakaan ini. Setelah dirawat di rumah sakit untuk observasi, wisatawan yang terjebak di jembatan kaca dapat kembali ke rumah dengan kondisi psikologis dan fisik yang stabil. Setelah kejadian itu, seluruh wilayah Jabal Bayan ditutup. Pihak berwenang telah memerintahkan pemeriksaan keamanan menyeluruh dari semua atraksi lokal, termasuk jembatan kaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *