Oktober 5, 2022
Spread the love

Car Free Days (HBKB) atau Hari Bebas Mobil (CFD) kembali diizinkan di Bundara HI, Jakarta Pusat. Orang-orang juga menyukai olahraga seperti lari dan bersepeda.

Pantauan Merdeka.com, Minggu pagi (6 Desember 2022) tampak keramaian situs yang menjadi titik CFD. Baik dari arah Jalan Thamrin maupun arah Imam Bongol.

Rizki, seorang warga, mengaku biasa bersepeda bersama keluarganya di CFD pada Minggu pagi karena kelelahan dari aktivitas kantor. jadwal slot gacor

Rezki mengatakan dalam wawancara dengan merdeka.com, Minggu (12/6/2022): “Senang bisa olahraga sambil jalan-jalan bersama keluarga. Biasanya di HI macet, tapi sekarang saya tidak punya mobil.”

Selain itu, pengamatan di kawasan CFD, khususnya di Jalan Kebon Kacang Raya, menunjukkan adanya kepadatan PKL. Mereka membawa barang dari sisi Jalan Kebon Raya menuju kawasan Bundaran Hai.

Warung-warung ini terdiri dari penjual makanan dan minuman berat dan ringan. Situs ini juga memiliki penjual parfum, pakaian, dan sepatu.

Area warung ini merupakan pintu masuk warga menuju Bundaran Hay. Hal ini menyebabkan beberapa kepadatan di situs.

Di beberapa titik, polisi dan beberapa petugas dari Dinas Perhubungan (Deshub) terlihat menjaga kawasan sekitar Hai Douar.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengevaluasi pelaksanaan Car Free Day (HBKB) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (CFD) yang akan digelar pada Minggu 22 Mei 2022.

Evaluasi menunjukkan bahwa pelaksanaan CFD secara terbatas, umumnya tanpa peserta dan vendor (PKL), berjalan lancar.

Syafrin Liputo, Kepala Transportasi DKI Jakarta, kepada wartawan, Rabu (24/5/2022) “Tidak ada masalah yang mencolok.

Syafrin juga mengatakan, angka tersebut didapat dari perhitungan di dua titik. Data tersebut kemudian dicocokkan dengan akun Anda di aplikasi PeduliLindung.

“Hitung lalu lintasnya dengan perhitungan manual. Apa nama dua titik di sana. Satu di Titik Sudirman di Karet dan yang lainnya di Patung Kuda. Kemudian bandingkan datanya dan ini hasilnya.” Katanya.

Namun diakuinya masih ada masyarakat yang lolos screening di area CFD atau scan barcode CareLindung (QR code).

Berikut adalah hasil pengukuran kualitas udara selama kegiatan HBKB atau CFD di kawasan Sudirman Tamrin, Jakarta.

1. CO: pengurangan 18,27%

2- Sulfur dioksida SO2: 28,44% meningkat

3. PM10: pengurangan 22,71%

4. PM2.5: pengurangan 8,59%

5. Tidak: pengurangan 45,01%

6. NMHC: pengurangan 18,79%.

Wartawan: Alma Pehsari / Merdeka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.